BENDUNG TEGAL ANDALAN DESA WISATA KEBONAGUNG

Bendung Tegal 1

Bendung Tegal 2Dibangunnya bendungan atau waduk, awalnya lebih sebagai sarana irigasi sawah di sekitarnya. Selain itu, di beberapa tempat, juga sebagai cara menghindari banjir yang seringkali datang.

Satu bendungan di Bantul, juga dibangun untuk memperbaiki irigasi sawah. Tepatnya, Kali Opak di mana alirannya membelah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Bendungan tersebut dinamai Bendung Tegal, berada di Desa Wisata Kebonagung, Imogiri, Bantul, atau sekitar 17 kilometer ke arah selatan dari Kota Yogya.

Bendung Tegal 3Tren wisata alam dan dibukanya Desa Wisata Kebonagung menjadikan keberuntungan tersendiri bagi masyarakat di dekat Bendung Tegal. Adanya Bendung Tegal melengkapi tempat wisata alam yang ada. Di Bendung Tegal, pada saat tertentu akan disuguhi wisata air dengan menggunakan perahu naga. Bahkan di bendungan tersebut, pernah dilaksanakan Lomba Perahu Naga tingkat nasional yang diadakan Dinas Pariwisata Yogyakarta.

Bendung Tegal diresmikan Pemerintah pada tahun 1997. Sedangkan potensi wisata Bendung Tegal baru dikembangkan sebagai obyek wisata baru pada tahun 2000. Sedangkan ide desa wisata Kebonagung digulirkan pada tahun 2003.
Bendung Tegal 4Upaya merintis keberadaan Desa Wisata Kebonagung, melalui penyediaan berbagai fasilitas pendukung. Tentu saja tetap mempertahankan Bendung Tegal sebagai obyek wisata utama. Beberapa alasan dimulainya desa wisata tersebut, seperti lahan pertanian yang cukup, desa wisata dibangun dengan berwawasan pendidikan dan pertanian.
Memang, adanya gempa pada 2006, membuat kegiatan Desa Wisata KebonaAgung dihentikan. Tetapi, sekarang sudah berjalan normal dan cukup diminati wisatawan.
Desa Kebonagung terbagi dalam 5 pedukuhan. Yaitu, Kanten, Mandingan, Kalangan, Tlogo. Adapun jumlah RT sebanyak 23. Desa ini memiliki luas 187,11 hektare, dengan lahan pertanian seluas 117,670 hektare dan 70,435 hektare sisanya merupakan perumahan, pekarangan dan lainnya.
Selain ke Bendung Tegal, wisatawan yang datang bisa menikmati rumah Limasan, rumah Joglo, kegiatan pertanian, yaitu pemupukan sistem SRI.

Bendung Tegal 5Aktivitas wisata di Kebonagung lainnya di antaranya, kesenian Gejog Lesung, seni keprajuritan, seni karawitan, seni batik, kenduri, dan bancaan. Semuanya untuk menambah ketertarikan wisatawan akan kesenian, budaya, dan makanan tradisional yang mulai ditinggalkan dan dilupakan.

Selain itu, wisatawan yang datang bisa mendapat pengetahuan dan ketertarikan mengenai kegiatan pertanian. Mereka diajak merasakan kehidupan warga desa, dengan menginap di rumah warga atau homestay.

Kegiatan lain yang bisa dijadikan alternative wisata di Desa Kebonagung adalah

– Kelompok Budidaya Ikan
– Kolam Pemancingan
– Kelompok Ternak Kambing

Beberapa wisata yang bisa dilakukan
1. Wisata air.
Bendung Tegal 6Wisata ini merupakan paket wisata yang ada di Desa Wisata Kebunagung. Keberadaan bendungan yang membendung aliran Kali Opak menjadi daya tarik utama. Wisata air yang tersedia antara lain adalah perahu naga dan canoe. Wisatawan yang berkunjung dapat juga menikmati indahnya panorama matahari terbenam diantara pepohonan sekitar Bendung Tegal.

2. Wisata budaya.
Wisata budaya yang ada di Desa Wisata Kebon Agung antara lain Kenduri dan Wiwit. Kenduri adalah perayaan, slametan, dan doa bersama. Kenduri merupakan kegiatan yang biasa dilakukan untuk merayakan atau memperingati momen momen tertentu. Seperti perayaan slametan rumah baru, upacara “nujuh bulanan”, dan doa atau tahlilan kematian.

Bendung Tegal 8Berikutnya adalah Wiwit/labuh. Kata labuh mempunyai makna jatuh atau runtuh. Menurut arti kata setempat, bisa disebut mulai. Wiwit labuh adalah upacara pemberian sesajen atau sesembahan yang berisi hasil hasil pertanian dari alam. Sesembahan sebagai ucap terimakasih dan bentuk syukur atas kenikmatan yang diberi dan doa meminta keselamatan dan kedamaian serta kesuburan.

3. Wisata Pertanian
Wisata pertanian menjadi andalan Desa Wisata Kebonagung.

Wisata pertanian merupakan paket wisata, berupa aktivitas pertanian. Mulai proses menanam (tandur) hingga memanen. Seperti Ngluku, garu, tandur, hingga panen.

4. Wisata Kesenian Daerah
Bukan hanya kaya akan budaya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan kesenian. Salah satunya seni musik khas Jawa, Karawitan.

Di sini, wisatawan bisa belajar Karawitan/Gamelan, bBelajar Macapat, solawatan, dan jathilan.

5. Wisata Kerajinan Tangan
Ada beberapa yang menarik dilihat, seperti Tatah Sungging, batik tulis, batik keramik, dan batik topeng kayu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *